LOGO kediri
Beranda > Artikel > Jangan Sepelekan Manfaat Zat Besi (Fe) Untuk Tubuh
Artikel

JANGAN SEPELEKAN MANFAAT ZAT BESI (Fe) UNTUK TUBUH

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 27 Juli 2021 - Dilihat 1.714 kali
JANGAN SEPELEKAN MANFAAT ZAT BESI (Fe) UNTUK TUBUH
Apa itu Zat Besi (Fe)
Zat besi (Fe) adalah salah satu mineral alami yang terkandung di dalam makanan. Namun asupan makanan yang mengandunf zat besi untuk tubuh seringkali tidak tercukupi, dengan kata lain kebutuhan Fe tidak terpenuhi sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh.
Tubuh membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein khusus pada sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Jika jumlah hemoglobin rendah, sel darah merah tidak bisa membawa cukup oksigen ke seluruh tubuh.
Jika jumlah oksigen dalam darah kita berkurang maka pengolahan energi tidak akan berjalan optimal, karena dalam mengolah energi, tubuh membutuhkan oksigen. Apabila energi yang dihasilkan tubuh hanya sedikit, tubuh akan mulai terasa lemas, lelah, pusing, hingga tingkat konsentrasi yang menurun(Setyandari, 2016).
Kekurangan hemoglobin bisa melalui banyak cara, misalnya ketika cedera, luka sayatan, menstruasi, kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi, pola haid yang tidak teratur pada remaja putri, hingga kurangnya jam tidur pun ternyata dapat memicu terjadinya anemia (Jaelani, Simanjuntak and Yuliantini, 2018; Liu et al., 2018).
Jadi Asupan zat besi yang cukup akan menjaga bahkan meningkatkan produksi hemoglobin sehingga sel darah merah bisa mengikat oksigen dengan optimal.
Berikut risiko bila kekurangan (defisiensi) Fe atau zat besi :
1. Anemia
Kekurangan hemoglobin dapat mengakibatkan anemia. Sel darah merah tidak mampu membawa oksigen dengan baik sehingga organ-organ kekurangan oksigen. Akibatnya, badan mengalami gejala 5L, mudah lelah, lemah, letih, lesu, lalai, bahkan disertai mudah pusing, sesak napas, dan jantung berdebar.
2. Menjaga kesehatan janin
Kekurangan zat besi selama kehamilan meningkatkan risiko kelahiran prematur serta berat badan lahir rendah (BBLR). Ibu hamil juga lebih rentan terkena infeksi karena zat besi diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.
Ini sebabnya ibu hamil dianjurkan untuk menambah asupan zat besi lewat konsumsi tablet tambah darah. Ibu hamil dengan kadar zat besi yang cukup maupun kurang sama-sama perlu meminum suplemen zat besi sebanyak 30 – 60 miligram setiap hari.
3. Mencegah infeksi
Manfaat zat besi yang satu ini mungkin belum banyak dikenal. Asupan zat besi yang cukup dapat membantu pembelahan dan proses pematangan sel darah putih, terutama limfosit. Peran utama limfosit yakni mendeteksi bibit penyakit dan mematikannya.
4. Meningkatkan konsentrasi
Jika sering susah berkonsentrasi, penyebabnya mungkin berasal dari kurangnya asupan zat besi.
Begitu kadar zat besi dalam darah menurun, kemampuan untuk berkonsentrasi serta memusatkan perhatian bisa langsung terpengaruh.
5. Memperbaiki kualitas tidur
Asupan zat besi ternyata memiliki manfaat untuk yang susah tidur. Sebuah studi dalam jurnal African Health Sciences menunjukkan kaitan antara kadar zat besi yang rendah dengan sejumlah gangguan tidur, seperti apnea, insomnia, dan rasa gelisah.
 
Kebutuhan Zat Besi dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari. Pemenuhan zat besi bisa dengan konsumsi makanan beberapa jenis makanan yang kaya zat besi, seperti berikut ini:
1. Hati
Hati sapi atau hati ayam rupanya termasuk makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi.
2. Bayam
Sayur hijau ini tidak hanya kaya akan vitamin, serat, protein dan kalsium, tetapi bayam juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Di dalam satu mangkuk bayam terdapat setidaknya lebih dari 6 mg zat besi. Anda bisa mengonsumsi dengan cara direbus untuk memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisi yang ada di dalamnya.
3. Daging merah (daging sapi)
Daging juga kaya protein, seng, selenium, dan beberapa vitamin B. ara peneliti telah menyarankan bahwa kekurangan zat besi mungkin lebih kecil pada orang yang makan daging, unggas, dan ikan secara teratur.
3. Zat besi dalam makanan juga dapat diperoleh dari makanan jenis lainnya seperti kacang kedelai, biji labu, kacang-kacangan, polong-polongan, biji wijen dan sereal yang diperkaya oleh zat besi. Anda dapat memasukkan berbagai jenis makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.
Ada beragam manfaat zat besi yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh dan kesehatan secara optimal. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi secara teratur. Jika perlu konsumsi suplemen zat besi.

Berita Terbaru

Banner