LOGO kediri
Beranda > Berita > Kecamatan Kediri Menjadi Lokus Kegiatan P3md Dan Kkn Internasional 3 Pergu…
Berita Utama

Kecamatan Kediri menjadi lokus kegiatan P3MD dan KKN Internasional 3 Perguruan Tinggi

Posting oleh kedirilobar - 25 Nov. 2022 - Dilihat 66 kali

Program Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Desa yang disIngkat P3MD dan KKN merupakan kegiatan wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengann metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja pada mahasiswa dalam kegiaan pemberdayaan masyarakat. Untuk tahun ini Kecamatan Kediri menjadi salah satu fokus program tersebut yang dilaksanakan oleh 2 perguruan tinggi dalam negeri dan 1 perguruan tinggi luar negeri yaitu Medika Farma Husada Mataram, Universitas Al Azhar Mataram dan Unversity CMedikaollege MAIWP Malaysia dengan jumlah total 13 orang mahasiswa.Kegiatan P3MD dan KKN internasional yang akan berlangsung hingga 30 November 2022 ini membawa 5 program besar yaitu  Goes to School, Community Awareness, Go Green, Art and Sport.

Berdasarkan observasi di lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa-masiswa KKN internasional tersebut, Desa Banyumulek yang telah melaksanakan pemekaran dusun menyebabkan banyak penduduk yang belum melakukan penyesuaian data. Hal ini yang menginspirasi para mahasiswa tersebut untuk melakukan sosialisasi administrasi kependudukan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesesuaian dokumen kependudukan.

Mengambil tempat di aula kantor desa Banyumulek, pada tanggal 23 November 2022 lalu atas prakarsa Mahasiswa-mahasiswa KKN internasional, telah dilaksanakan Sosialisasi Administrasi Kependudukan (Adminduk) dengan mengundang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi. Dalam kesempatan ini Kadis Dukcapil memaparkan mengenai pentingnya dokumen kependudukan untuk segala urusan administratif. Kios adminduk merupakan merupakan salah satu cara untuk mempercapat layanan di desa-desa. "Kios Adminduk merupakan upaya Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat dalam meningkatkan mutu pelayanan serta memperluas jangkauan pelayanan administrasi kependudukan di desa-desa. Kios ini akan melayani beberapa pelayanan diantaranya adalah akta kelahiran, akta kematian kemudian perubahan KK karena akta kelahiran dan akta kematian," jelas M. Hendrayadi. Kasi Ekbang Kecamatan Kediri Wahyu adi Kurniawan, SE menambahkan "Dari pihak kecamatan siap membantu dan berkoodinasi dengan pihak Dukcapil agar Kios Adminduk di desa Banyumulek bisa segera terwujud".

Di penutup acara, Drs. M.Hendrayadi menegaskan "Kami Siap membantu dan mencarikan solusi terbaik untuk menangani permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Adminduk".


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *