LOGO kediri
Beranda > Berita > Lokakarya Mini Lintas Sektoral, Upt Puskesmas Kediri.
Berita Utama

Lokakarya mini lintas sektoral, UPT Puskesmas Kediri.

Posting oleh kedirilobar - Tiga minggu yang lalu - Dilihat 117 kali

Kediri_Lombok Barat. Lokakarya merupakan salah satu cara untuk menjaga Sustainable program stunting. Program kerja yang sudah tersusun dan terlaksana di lapangan perlu dijaga kualitasnya/ efektifitas dan efisiensinya melalui proses evaluasi atau assessment sesuai panduan. Bertempat di aula kantor Camat Kediri, Kamis 15/9/22 dilaksanakan Lokakarya Mini lintas sektoral UPT PUSKESMAS Kediri.

Dalam arahannya h Iswarta Mahmuluddin menyampaikan beberapa penekanan terkait pelaksanaan program dilapangan. Mengacu pada delapan aksi yang sudah dibuku bakukan bahwa Tim yang tergabung dalam TPPS baik kecamatan maupun desa harus benar benar mengarahkan programnya sesuai dengan delapan aksi dimaksud. Aktifkan fungsi Tim Pendamping Keluarga, PKK dan Tim Nakes dalam edukasi sasaran via Posyandu" ungkapnya.

Perubahan perilaku masyarakat memang jadi tolak ukur, minimal pada keaktifan sasaran mendatangi posyandu. Dengan demikian perlu peningkatan kompetensi semua pihak yang terlibat dalam TPPS untuk menggerakkan masyarakat agar aktif dalam posyandu. Salah satu potensi untuk menggerakkan masyarakat dan mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan para pendamping desa dan pendamping PKH. Dari data yang ada setiap pendamping PKH punya 200(dua ratus) Sampai 300(tiga ratus) KPM. Pada kesempatan yang sama camat Kediri memberi arahan untuk melibatkan Pendamping PKH dan Pendamping desa dalam edukasi masyarakt sasaran, "Ada baiknya pelibatan semua unsur termasuk pendamping PKH dan Desa dalam upaya memberikan edukasi pasar kelompok sasaran" ungkapnya.

Sistem pendataan stunting di Atur sesuai prinsip data untuk mengukur tingkat capaian program. Administrasi pencatatan dan pelaporan tentu menjadi bagian penting dalam hal ini. Progres atau pertumbuhan dan perkembangan anak balita harus tercatat dan terlapor dengan baik, sehingga masuk dalam sistem pendataan yang sudah ditetapkan. " Tidak ada satu upayakan yang boleh luput dari dokumentasi dan atau pencatatan serta pelaporan by system" tutup h Iswarta Mahmuluddin pada sesi pembukaan Lokakarya Mini UPT Puskesmas Kediri.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *