LOGO kediri
Beranda > Berita > Paud Hi "Membentuk Generasi Sehat, Kuat Dan Cerdas".
Berita Utama

PAUD HI "Membentuk Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas".

Posting oleh kedirilobar - 22 Nov. 2022 - Dilihat 129 kali

Kediri_Lombok Barat. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu jenis pendidikan yang mengawali tumbuh kembang anak. Proses pengenalan diri dan tahap awal seorang anak untuk bersosialisasi terjadi di lembaga ini. Pentingnya penanganan yang benar terhadap PAUD di Kabupaten Lombok Barat, menggerakkan Bunda PAUD untuk melakukan pembinaan melalui Road Show ke Sepuluh Kecamatan di Lombok Barat.

Bertempat di Aula SMPN 1 Kediri dilakukan pembinaan oleh Bunda PAUD Kabupaten Lombok Barat, Hj. Khaeratun Fauzan Khalid. Hadir dalam kegiatan ini: Para Guru Paud se_Kec. Kediri, Bunda Paud 10 Desa se Kec. Kediri, Bunda Paud Kecamatan, Camat Kediri, Kepala Bidang PAUDNI Dikbud Lombok Barat  dan Bunda Paud Kabupaten beserta Jajaran. 
Kegiatan hari ini sangat meriah di awali oleh tari tarian dari siswa PAUD. Layanan dasar PAUD HI ada 5 yaitu: Layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan, keamanan dan Layanan gizi , ungkap Kabid PAUDNI Dikbud Lobar ketika membuka acara yang dilanjutkan dengan pembinaan Bunda PAUD Kabupaten Lombok Barat.

Pengembangan anak usia dini harus dilakukan dengan  holistik dan integratif. Pengembangan anak usia dini yang menyeluruh artinya mencakup seluruh aspek, dalam hal ini mencakup kesehatan dasar, gizi, kenyamanan/keamanan, pengasuhan dan pengembangan emosi serta intelektual atau pendidikan (Lima Layanan Dasar). Pengembangan harus dilakukan secara baik dan optimal karena sangat menentukan perjalanan hidup anak di kemudian hari. "Masa usia dini merupakan masa kritis tumbuh kembang anak yang akan menentukan perkembangan anak pada tahap selanjutnya," ungkap Hj. Khaeratun Fauzan Khalid.

Bunda PAUD Kabupaten Lombok Barat, Hj. Khaeratun sangat berharap kepada Pokja Bunda PAUD agar dapat bekerja secara optimal dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, mengingat Pemerintah Daerah membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk PAUD yang memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. "PAUD sebagai wadah untuk tumbuh kembang anak sehingga diperlukan intervensi terutama dalam pengasuhan dan gizi guna terciptanya generasi sehat, kuat dan cerdas" ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula dipaparkan bahwa Lombok Barat saat ini khususnya di Kecamatan Kediri Terdapat 55 (Lima Puluh Lima) Lembaga PAUD dan sebanyak 15 PAUD HI. Seyogyanya setiap desa se Kabupaten Lombok Barat Minimal harus memiliki satu PAUD HI. Target dari Bunda PAUD Kabupaten, di Tahun 2024 agar PAUD yang ada saat ini seluruhnya menjadi PAUD HI  (tercipta 100% PAUD HI). "Di Tahun 2024 kita punya target yaitu 100% dari PAUD saat ini menjadi PAUD HI" Sambungnya.

Pentingnya kerjasama dan kerja bersama guna terjaminnya kualitas hasil adalah sebuah keniscayaan. Pekerjaan yang dilakukan sendiri akan sangat memberatkan dan jika pekerjaan dilakukan secara kolaborasi dan bersinergi niscaya akan jauh lebih ringan. "Holistik adalah gambaran dari sesuatu yang menyeluruh dan integrasi adalah keterpaduan, artinya satu lembaga dapat menjalankan berbagai program secara bersama dengan bekerjasama" tutup Hj Khaeratun dalam acara Road Show hari ini.(22/11/22).


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *