LOGO Kecamatan kediri
Beranda > Artikel > Blue Ocean Strategy Ikm Logam Lombok Barat
Artikel

BLUE OCEAN STRATEGY IKM LOGAM LOMBOK BARAT

Posting oleh disperindaglobar - 9 Juni 2021 - Dilihat 384 kali
IMG
Blue Ocean Stragtegy merupakan strategy untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara keluar dari zona persaingan yang disebut dengan red zone menuju pasar yang belum ada saingannya yang disebut dengan blue ocean. Inti dari strategy ini adalah inovasi yang berkelanjutan sehingga tidak terkungkung dengan produk yang monoton yang pada ahkirnya akan mudah ditiru oleh orang lain dan selanjutnya akan menjadi pesaing yang akibatnya market place akan semakin sempit.
Strategy ini dipandang perlu untuk diadopsi oleh IKM Logam Lombok Barat kedepannya jika ingin merebut pasar yang besar untuk memenangkan persaingan, mengingat mayoritas produk IKM Logam binaan Disperindag Lobar masih berupa pagar, pintu, kanopi dan lain-lain. Dari hasil pemetaan produk IKM Logam yang dilakukan oleh Bidang Industri Logam, Mesin, Elektro, Aneka dan Tekstil (ILMEAT) Disperindag Lobar didapat hanya 6 (enam) dari 196 (Seratus Sembilan Puluh Enam) jumlah IKM logam binaan Disperindag Lobar yang sudah mulai merambah ke industri permesinan (Teknologi Tepat Guna / TTG).
Jumlah tersebut tentu sangat sedikit mengingat geliat ekonomi akibat adanya revolusi industri 4.0 merupakan tantangan sekaligus peluang tersendiri bagi IKM logam, karena kebutuhan akan mesin yang skala home industri tentu akan sangat meningkat kedepannya. Strategy ini tentunya tak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari semua pihak, Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat hendaknya melibatkan IKM logam binaan Disperindag Lobar dalam setiap pengadaan sebagai upaya membantu IKM dalam mengatasi dampak perlambatan ekonomi akibat covid-19. Pengadaan barang dan jasa di masing-masing OPD selain sebagai pemberi manfaat bagi masyarakat hendaknya juga diarahkan sebagai stimulus ekonomi bagi IKM lokal. Hal ini sejalan dengan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Penggunaan Produk Lokal.
Melihat peluang tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat mencoba mengadopsi konsep Blue Ocean Stratgey sebagai upaya untuk menggiring IKM logam binaannya agar keluar dari zona persaingan. Berbagai terobosan telah dilakukan oleh Disperindag Lobar untuk membantu IKM logam binaannya diantaranya adalah menyelenggarakan Pameran Produk IKM Logam sebagai sarana promosi dengan berbagai macam produk yang ditampilkan diantaranya mesin pemipil jagung, mesin pencacah sampah, mesin kristalitator gula semut, mesin roasting kopi dan berbagai mesin lainnya. Tindak lanjut dari pameran tersebut, para IKM logam binaan Disperindag diundang untuk audiensi dengan Bupati Lombok Barat beserta jajaran yang diselenggarakan di Aula Rapat Jayengrane Kantor Bupati Lobar beberapa waktu yang lalu. Disepakati pada pertemuan tersebut untuk semua OPD Lombok Barat untuk melibatkan IKM logam Lobar disetiap pengadaan sebagai wujud keberpihakan kepada IKM lokal. Selain itu untuk meningkatkan kompetensi para IKM, pelatihan-pelatihan rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan target satu angkatan pelatihan menghasilkan satu produk mesin. Harapannya melalui upaya-upaya tersebut IKM logam binaan Diseprindag Lobar semakin banyak dan produknya menjadi tuan rumah di daerah sendiri sehingga cita-cita agar Lombok Barat menjadi Kabupaten Swasembada Mesin dapat terealisasikan.
 
 
Penulis : Agus Putrawan Hardy, ST,.M.Eng

Berita Terbaru

Banner